Banner
Dinas ProvinsiPSB Online
Jajak Pendapat
Bagaimana menurut Anda tentang tampilan website ini ?
Bagus
Cukup
Kurang
  Lihat
Statistik
  Visitors : 62161869 visitors
  Hits : 244 hits
  Today : 1 users
  Online : 1 users
:: Kontak Admin ::

maswhytop@gmail.com    
Agenda
19 April 2019
M
S
S
R
K
J
S
31
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11

Belajar Bahasa Inggris itu Mudah

Tanggal : 28-08-2018 09:19, dibaca 144 kali.

Banyak siswa bahkan mahasiswa yang merasa sulit belajar bahasa Inggris. Bahasa Inggris dianggap momok. Banyak faktor yang menjadi penyebabnya, antara lain adalah trauma dengan pelajaran itu sendiri ataupun dengan guru atau dosen yang mengajarkan pelajaran tersebut, ketidakmengertian akan hal-hal yang disampaikan dan tidak mau berusaha untuk mengerti, rasa malu kalau melakukan kesalahan dan faktor-faktor lainnya yang mungkin terjadi.

Sebagai salah satu sekolah berstandar internasional di Yogyakarta, siswa siswi SMP N 8 diharapkan mampu untuk berbahasa Inggris baik di dalam kelas maupun di luar kelas. Pelajaran-pelajaran yang disampaikan dengan menggunakan bahasa Inggris seharusnya memacu para siswa siswi untuk menguasai bahasa Inggris. Belajar bahasa Inggris tidaklah sesulit yang dibayangkan. Berikut akan disampaikan tiga cara untuk belajar bahasa Inggris dengan mudah dan menyenangkan.

1. Milikilah rasa percaya diri dan jangan mudah menyerah.

Dengan memiliki rasa percaya diri yang cukup tinggi, seorang siswa atau siswi tidak akan malu untuk belajar meskipun dia membuat kesalahan. Ingatlah selalu bahwa melakukan kesalahan dalam belajar adalah hal yang sangat normal. Kepercayaan diri yang cukup tinggi dapat memotivasi seorang siswa atau siswi untuk terus maju karena dengan kepercayaan diri ini prinsip bahwa aku pasti bisa akan menjadi karakter dalam diri siswa tersebut. Semangat tidak mudah menyerah juga harus menjadi karakter dalam diri seorang siswa karena hal ini yang akan membuat seorang siswa akan terus maju dan berkembang.

2. Bergaulah dengan ‘dunia bahasa Inggris.’

Dengan bergaul atau selalu berinteraksi dalam ‘dunia bahasa Inggris,’ para siswa akan terbiasa dengan ‘dunia bahasa inggris.’ Apa yang harus dilakukan sehingga para siswa tetap bisa berinteraksi dalam ‘dunia bahasa Inggris’? Beberapa cara yang bisa dilakukan adalah mendengarkan lagu-lagu berbahasa Inggris. Mendengarkan lagu-lagu berbahasa Inggris dan menonton film-film yang berbahasa Inggris ini akan mmembantu para siswa untuk membiasakan telinga kita untuk mendengarkan kosakata dan pengucapan dalam bahasa Inggris. Selain itu, membaca artikel, surat kabar atau cerita dan tulisan-tulisan dalam bahasa Inggris juga akan sangat membantu para siswa untuk menambah kosakata. Akan lebih baik jika para siswa membaca dengan bersuara karena mulut dan telingan kita akan terbiasa untuk mengucapkan dan mendengar. Jika ditemukan kosakata yang tidak dimengerti, para siswa dapat membuka kamus sehingga tanpa disadari perbendaharaan kata akan bertambah.

3.  Praktek setiap hari

Pembelajaran bahasa itu hampir sama dengan pembelajaran seni dan olah raga. Yang dimaksudkan di sini adalah praktek setiap hari. Mungkin akan timbul banyak pertanyaan berkaitan dengan praktek setiap hari. Praktek apa saja yang harus dilakukan?bagaimana jika tidak ada teman untuk praktek berkomunikasi? Dan banyak lagi pertanyaan-pertanyaan lain yang senada. Semisal praktek membaca atau mendengarkan lagu berbahasa Inggris bisa dilakukan setiap hari. Tidak membutuhkan waktu lama, mungkin sekitar 15 menit dalam sehari tetapi jika dilakukan setiap hari, tanpa kita sadari kita akan mendapatkan kemajuan dalam penguasaan bahasa Inggris kita. Bagaimana dengan praktek berbicara? Kita bisa berbicara dalam bahasa Inggris meskipun kita tidak memiliki lawan bicara, misalnya pada waktu kita berdoa, pada waktu kita bergumam seorang diri, pada waktu kita berbicara sendiri. Pada waktu melakukan hal-hal itu, kita bisa melakukanya dengan berbahasa Inggris. Bagaimana jika pada waktu kita berbicara dan tidak tahu kosakatanya dalam bahasa Inggris? Kita bisa menggunakan bahasa campuran, contohnya ‘What am I doing ‘setelah’ take my lunch?’ Tidak perlu kuatir jika kita melakukan hal itu, setelahnya kita bisa sesegera mungkin membuka kamus dan mencari kata ‘setelah’ dalam bahasa Inggris. Dengan demikian kosa kata tersebut bisa tersimpan lebih lama dalam memori otak kita.

Ketiga hal di atas adalah tiga dari sekian banyak cara yang bisa dipakai untuk meningkatkan kemampuan kita dalam penguasaan bahasa Inggris. Selamat mencoba.



Pengirim : Otniel Nugroho Jonathan, S.Pd. M.Hum.
Kembali ke Atas
Artikel Lainnya :
Silahkan Isi Komentar dari tulisan artikel diatas
Nama
E-mail
Komentar

Kode Verifikasi
                

Komentar :


   Kembali ke Atas