Banner
Dinas ProvinsiPSB Online
Jajak Pendapat
Bagaimana menurut Anda tentang tampilan website ini ?
Bagus
Cukup
Kurang
  Lihat
Statistik
  Visitors : 62310373 visitors
  Hits : 4298 hits
  Today : 1 users
  Online : 1 users
:: Kontak Admin ::

maswhytop@gmail.com    
Agenda
10 May 2021
M
S
S
R
K
J
S
25
26
27
28
29
30
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
1
2
3
4
5

Inovasi Hijau Bhawara

Tanggal : 04/09/2021, 11:39:06, dibaca 64 kali.


P

eduli lingkungan bukan hanya berupa akal dan ujar, melainkan wujud kasatmata.Mengutip pemaparan materi dari Dinas Lingkungan Hidup Pemerintah Kota Yogyakarta yang menyatakan bahwa gerakan peduli dan berbudaya lingkungan hidup di sekolah (GPBLH) merupakan aksi kolektif secara sadar dalam menerapkan perilaku ramah lingkungan, SMP Negeri 8 Yogyakarta berupaya mewujudkan secara nyata melalui kegiatan “Inovasi Hijau Bhawara”. Inovasi tersebut diwujudkan dalam rangkaian kegiatan penghijauan di lingkungan SMP Negeri 8 Yogyakarta. Kegiatan ini terdiri atas kegiatan pembuatan kompos, pembuatan pupuk organik cair, bercocok tanam dengan metode hidroponik, pemeliharaan greenhouse, pemanenan hasil tanaman, pengemasan, dan penjualan hasil panen menjadi produk “Bhawara Fresh Mart”. Kegiatan inovasi dilakukan oleh seluruh warga SMP Negeri 8 Yogyakarta.

            Kegiatan pembuatan kompos dilakukan oleh siswa-siswi didampingi oleh guru sekolah. Begitupula dengan pembuatan pupuk organik cair. Kegiatan tersebut juga dilakukan oleh siswa-siswi di laboratorium IPAdidampingi oleh guru IPA. Di lain kesempatan, untuk kegiatan bercocok tanam dengan metode hidroponik dilakukan oleh siswa-siswi di tempat hidroponik dengan pendampingan guru. Untuk kegiatan greenhouse, siswa-siswi dikenalkan dengan melakukan perawatan dan pemeliharaan tanaman yang ada dalam greenhouse di SMP Negeri 8 Yogyakarta. Perawatan dan pemeliharaan tanaman baik hidoponik maupun greenhousedilakukan sesuai dengan waktu tanam dan pemeliharaan yang semestinya. Ketika sudah waktu panen, siswa-siswi bersama dengan guru melakukan pemanenan tanaman. Beberapa tanaman yang berhasil dipanen oleh siswa-siswi dan guru adalahcabai, sawi, kangkung, dan jahe merah.

            Perlu diketahui, kegiatan“Inovasi Hijau Bhawara” tidak hanya berhenti sampai dengan kegiatan pemanenan. Seusai kegiatan pemanenan, siswa-siswi kembali belajar mengemas produk hasil panen sampai dengan melakukan penjualan produk panen “Bhawara Fresh Mart”. Selanjutnya, hasil panen yang telah dikemas menjadi produk jual tersebut dijual pada guru dan warga sekolah yang ada di lingkungan SMP Negeri 8 Yogyakarta. Hal yang menjadi menarik dari kegiatan inovasi ini adalah hasil keuntungan penjualan produk panen yang tidak hanya masuk kantong dan lenyap, tetapi digunakan untuk membeli bibit dan menanamnya kembali. Dengan demikian, warga sekolah berproses bersama memahami upaya penyelamatan lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan dalam rangka kegiatan “Sekolah Adiwiyata”.

(Tim Adiwiyata SMP Negeri 8 Yogyakarta)




Kembali ke Atas


Berita Lainnya :
 Silahkan Isi Komentar dari tulisan berita diatas
Nama
E-mail
Komentar

Kode Verifikasi
                

Komentar :


   Kembali ke Atas