Banner
Dinas ProvinsiPSB Online
Jajak Pendapat
Bagaimana menurut Anda tentang tampilan website ini ?
Bagus
Cukup
Kurang
  Lihat
Statistik
  Visitors : 62344517 visitors
  Hits : 1012 hits
  Today : 1 users
  Online : 1 users
:: Kontak Admin ::

maswhytop@gmail.com    
Agenda
18 September 2021
M
S
S
R
K
J
S
29
30
31
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
1
2
3
4
5
6
7
8
9

PENGHIJAUAN SEKOLAH UNTUK PEMULIHAN BUMI

Tanggal : 23-04-2021 08:51, dibaca 152 kali.

Bumi merupakan tempat berlangsungnya kehidupan bagi seluruh makhluk hidup. Bumi memberikan segala bentuk sumber daya yang dapat digunakan dan dimanfaatkan oleh makhluk hidup yang tinggal didalamnya. Peran penting ini yang membuat bumi amat dijaga kelestariannya oleh semua pihak. Semakin menuanya bumi membuat seluruh pihak semakin gencar dalam mencanangkan program pelestarian bumi.

Tanggal 22 April ditetapkan sebagai hari bumi, yang mana hari bumi merupakan hari peringatan gerakan yang menyuarakan kesadaran terhadap pencemaran dan masalah lingkungan. Gerakan pelestarian bumi dimulai pada tahun 1970 di Amerika, pada saat itu masyarakat mengalami keresahan akibat adanya asap polusi dan juga lumpur limbah akibat adanya pabrik-pabrik industry. Tokoh yang menyumbangkan ide untuk menjadikan hari bumi sebagai hari nasional adalah Gaylord Nelson.

Hari bumi memiliki arti yang sangat penting, maka dari itu banyak pihak yang mulai bergerak secara nyata untuk melakukan pelestarian bumi. Seperti yang dilakukan oleh warga SMP Negeri 8 Yogyakarta yang turut andil dalam pelestarian lingkungan guna mendukung gerakan hari bumi. Sekolah ini telah melaksanakan berbagai kegiatan peduli lingkungan salah satunya adalah kegiatan penghijauan sekolah. 

Bentuk penghijauan yang ada di SMP Negeri 8 Yogyakarta berupa TOGA (Tanaman Obat Keluarga), kebun sekolah, dan green house. Seluruh warga SMP Negeri 8 Yogyakarta turut andil dan terlibat dalam kegiatan penghijauan guna mendukung gerakan pelestarian bumi ini. Adanya kegiatan penghijauan yang dilakukan oleh SMP Negeri 8 Yogyakarta ini mengupayakan pemulihan bumi yang kondisinya semakin menua dan memburuk. Harapannya dengan menciptakan sekolah yang rindang, rimbun, dan juga asri dapat mengembalikan kondisi bumi kita menjadi lebih sehat lagi.

Tahap kegiatan penghijauan yang dilakukan oleh SMP Negeri 8 Yogyakarta, diawali dengan prosespembibitan yaitu penanaman bibit bisa dengan biji, dengan pemencaran atau dengan pemotongan batang, beberapa diperoleh dengan membeli dan kontribusi dari warga sekolah, misal pada kegiatan masa orientasi siswa-siswi kelas 7 membawa masing-masing anak 1 buah tumbuhan.

Tahap yang kedua berupa pemeliharaan yaitu kegiatan yang perlu dilakukan secara baik, benar, dan periodik agar proses pertumbuhan dan perkembangan tanaman dapat berjalan secara optimal. Bentuk pemeliharaan tanaman ini berupa penyiraman dilakukan setiap hari jika musim kemarau, penyiangan setiap minggu, pemotongan dahan untuk tanaman yang besar biasa dilakukan awal musim hujan, untuk mengurangi bahaya jika dahan roboh atau patah pada musim hujan

Tahap yang ketiga adalah pemupukan dilakukan secara berkala, dengan pupuk kompos yang dibuat sendiri dari sisa daun-daunan, pupuk anorganik dan pupuk organic cair, yang dibuat sendiri dari sisa air leri oleh kader pokja Bersama guru pendamping.  Tahap yang terakhir adalah pelabelan yang digunakan untuk pembelajaran khususnya mata pelajaran IPA, beberapa tanaman diberi label supaya peserta didik dapat mengenal macam-macam nama tanaman dan ciri-cirinya. Selamat Hari bumi, ayo Bersama-sama kita jaga dan pulihkan bumi kita!

Penulis : Asri Mustika, S.Pd



Pengirim :
Kembali ke Atas
Artikel Lainnya :
Silahkan Isi Komentar dari tulisan artikel diatas
Nama
E-mail
Komentar

Kode Verifikasi
                

Komentar :


   Kembali ke Atas